Tips Beradaptasi di Kantor Baru

beradaptasi di kantor baru
Ilustrasi Foto: Pixabay

Salah satu tantangan ketika baru pindah kerja adalah beradaptasi di kantor baru, dengan lingkungan kerja dan teman-teman yang baru pula. Makin kita akrab dengan rekan kerja, makin besar pula kemungkinan kita merasa nyaman di tempat kerja. Jika kita merasa nyaman, maka kita pun bisa bekerja dengan produktif.

Meski begitu, tidak semua orang bisa mudah beradaptasi dan berbaur di lingkungan baru. Bisa jadi, kamu termasuk orang yang merasa malu untuk membuka percakapan. Nah, jika kamu belum lama ini pindah kerja dan masih merasa insecure, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut.

Hal-hal yang perlu dilakukan

1. Cari teman baru

Ini adalah hal pertama yang perlu kamu lakukan. Mulailah berkenalan dengan rekan satu tim. Tak perlu malu bertanya, meminta bimbingan, dan berdiskusi dengan mereka. Sebagai anak baru, wajar kok jika kamu menanyakan hal-hal seputar kantor dan pekerjaan serta meminta arahan dari rekan kerja, terutama rekan satu tim.

Ketika ingin berdiskusi, pastikan dulu situasinya tepat ya. Jangan sampai kamu mengganggu rekan-rekanmu ketika mereka sedang sibuk.

2. Tunjukkan semangat

Selesaikan pekerjaanmu tepat waktu atau jika bisa lebih cepat dari tenggat yang ditentukan. Namun, pastikan juga hasil kerjamu itu baik. Menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu menunjukkan semangatmu dalam bekerja.

Jika pekerjaanmu sudah selesai dan ada rekan satu tim yang masih tampak sibuk berjuang menyelesaikan tugasnya, tak ada salahnya kamu menawarkan diri untuk membantu. Selain menambah nilaimu di mata rekan kerja, kamu juga bisa menambah wawasanmu tentang lingkup kerja di kantor yang baru. Tapi ingat, pelajari pula karakter rekan kerjamu. Jangan sampai kebaikan hatimu malah dimanfaatkan.

3. Ikuti kegiatan-kegiatan di kantor

Biasanya setiap perusahaan punya kegiatan khusus bagi para karyawannya. Misalnya, makan siang bersama tiap satu bulan sekali, atau outing dan gathering dalam rangka mendekatkan karyawan satu sama lain. Ikutlah dalam kegiatan-kegiatan itu, karena dapat membantumu berbaur dengan rekan-rekan kerja. Bukan hanya rekan satu tim, tapi juga rekan dari divisi lain.

Dalam keseharian, kamu juga bisa menjadwalkan keluar makan siang atau hangout bersama teman-teman kantor. Momen-momen tersebut bisa membuatmu lebih mengenal mereka. Tapi ingat Ladies, jangan lengah dan tetap bersikap profesional. Jangan sampai kamu terpancing gosip dan terbawa dalam arus politik kantor!

 

Hal-hal yang tak boleh dilakukan

1. Kepo dan sok akrab

Walaupun kamu sudah merasa kenal dengan teman-teman barumu itu, bukan berarti kamu bisa bersikap berlebihan. Berlakulah sewajarnya—tetap sopan dan menjaga sikap profesional. Jangan kepo (ingin tahu tentang semua hal) serta terkesan sok asyik dan sok akrab, karena akan membuat rekan kerjamu merasa tak nyaman berada di dekatmu. Dalam berbicara, jaga pula volume suara dan perhatikan sikap tubuhmu. 

2. Bergosip

Menjadi anak baru tentu menuntutmu untuk mampu menempatkan diri dengan baik dan banyak belajar tentang lingkung pekerjaan, lingkungan kantor, serta rekan-rekan dan atasan. Selain bertanya langsung dengan rekan kerja satu tim, informasi tersebut juga bisa kamu dapatkan dalam momen-momen santai seperti makan siang.

Dari semua informasi dan cerita yang kamu peroleh, pilihlah mana yang baik dan yang tak baik. Jangan sampai cerita buruk tentang rekan kerja atau atasan mempengaruhi semangat dan hasil kerjamu. Jangan pernah bercerita buruk tentang orang lain hanya untuk mencari topik pembicaraan. Selain tak pantas dan tak baik, hal itu juga akan membuatmu terlihat buruk di mata orang lain. 

3. Mengeluh

Ketika beban kerja terasa berlebih, berusahalah untuk tetap tenang dan mengerjakan tugasmu satu per satu. Jangan panik dan banyak mengeluh. Selain bisa membuat orang lain merasa terganggu, hal ituh hanya akan menguras energimu dan menurunkan semangat kerjamu.

Jika kamu merasa pekerjaan barumu ini jauh dari ekspektasimu, dan kamu tak tahan atau merasa perlu meluapkan perasaan kesalmu, lakukanlah itu di depan keluarga atau sahabat terdekat. Berceritalah pada orang-orang di luar lingkar profesionalmu, mereka yang benar-benar mengenalmu sebagai pribadi dan peduli padamu.

 

Jadi Ladies, tidak perlu khawatir untuk kembali memulai lembaran baru di kantor barumu ya. Berikan kesan terbaikmu di hari pertama bekerja. Pancarkan aura positif agar orang-orang di sekitarmu merasa nyaman dan senang berada di dekatmu. Selamat memulai kerja di tempat baru! 😊

About Angela Jessica

Saat ini Angie terdaftar sebagai mahasiswa semester akhir Fakultas Hukum di salah satu universitas swasta ternama di Indonesia. Ia memiliki semangat tinggi untuk belajar dan minat dalam creative writing. Di sela kuliah, Angie mengisi waktunya dengan menjalani internship di perusahaan/lembaga yang memiliki latar belakang sesuai dengan minat dan pendidikannya. Artikel-artikelnya di Chic Managers ia tulis berdasarkan pengamatan dan pengalamannya menjalani internship di berbagai tempat.

View all posts by Angela Jessica →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *