Sifat-sifat yang Menunjukkan Perempuan Punya Bakat Sukses

bakat sukses perempuan
Ilustrasi Foto: Pixabay

Dunia kerja mungkin belum sepenuhnya ramah terhadap perempuan. Di banyak tempat, usaha yang harus dilakukan perempuan untuk menapaki jenjang karier hingga mencapai posisi strategis bisa dibilang lebih berat ketimbang laki-laki. Padahal, perempuan pun memiliki sifat-sifat yang menunjukkan bakat sukses mereka.

Untuk naik ke posisi yang lebih tinggi, perempuan harus bisa menunjukkan prestasinya. Sementara laki-laki, lebih dinilai berdasarkan potensinya. Meski begitu, di era emansipasi seperti sekarang ini, cukup banyak industri dan perusahaan sudah membuka kesempatan yang lebar bagi karyawan perempuan untuk mengembangkan potensi karier mereka. Bahkan, banyak pula perempuan berhasil mencapai posisi puncak sebagai CEO, atau menjadi pengusaha.

Disadari atau tidak, ada sifat-sifat perempuan yang membuat  mereka unggul dan berpotensi untuk sukses dalam karier, serta mendukung mereka untuk menjadi manajer atau pemimpin yang baik. Berikut ini sifat-sifat yang dimiliki perempuan, yang sekaligus merupakan bakat mereka untuk sukses:

1. Intuisi dan empati

Banyak yang bilang perempuan itu cenderung mengambil keputusan secara emosional. Kalau memang begitu, apa salahnya? Ingat Ladies, emosional tak selalu berkonotasi negatif, lho! Mungkin banyak yang memandang remeh sifat perempuan yang satu itu. Tapi, sebagai profesional yang bertanggung jawab, kita tentu tak akan sembarangan dalam mengambil keputusan, bukan?

Banyak pemimpin perempuan mengandalkan intuisi dan empati dalam mengambil keputusan. Sering kali mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengambil keputusan karena mereka harus yakin lebih dulu bahwa keputusan yang diambil baik bagi diri mereka sendiri, karier, keluarga, serta bagi orang lain, termasuk rekan kerja dan tim. Mereka juga butuh mendengarkan pendapat orang lain sebelum mengambil keputusan.

2. Lebih sabar

Sifat sabar memang tidak eksklusif hanya ada pada perempuan. Namun Ladies, kaum perempuan cenderung lebih sering menunjukkan sifat yang satu ini ketimbang laki-laki. Perempuan umumnya lebih sabar, terutama saat menghadapi situasi sulit, termasuk saat menghadapi rekan kerja atau anak buah yang kurang bertanggung jawab. Meski begitu, jangan lantas memanfaatkan sifatnya yang satu ini. Kamu pasti tahu kan, bahwa kesabaran itu ada batasnya.

3. Multitasking dan punya prioritas

Perempuan terlahir sebagai makhluk yang multitasking, bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Buktinya, banyak perempuan karier yang telah berumah tangga mampu menjalani peran mereka di kantor dan keluarga dengan baik. Setiap hari, sejak melek mata, mereka selalu berpikir dan membuat daftar hal-hal yang perlu dilakukan pada hari ini.

Untuk berhasil dalam pekerjaan dan keluarga, perempuan tentu harus punya kemampuan yang baik dalam mengelola waktu dan energi. Hal ini memaksa mereka untuk terbiasa menerapkan prioritas dan deadline untuk setiap pekerjaan.

 

Semoga setelah tahu bahwa kamu punya bakat untuk sukses di dunia kerja, kamu jadi makin semangat dan pede dalam bekerja ya, Ladies. Memang banyak tantangan dalam meniti karier dan cita-cita kamu, tapi jika kamu terus berusaha dan berkomitmen untuk meraihnya, pasti kamu akan berhasil. ­čÖé

About Restituta Arjanti

Biasa dipanggil dengan nama tengahnya, Ajeng. Ia memulai kariernya sebagai Jurnalis. Dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun di Industri Media dan Teknologi, sekarang ia aktif sebagai penulis dan editor profesional serta konsultan di bidang Media, Konten, dan Public Relations.

View all posts by Restituta Arjanti →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *