Sifat-sifat yang Menunjukkan Perempuan Punya Bakat Sukses

Dunia kerja mungkin belum sepenuhnya ramah terhadap perempuan. Di banyak tempat, usaha yang harus dilakukan perempuan untuk menapaki jenjang karier hingga mencapai posisi strategis bisa dibilang lebih berat ketimbang laki-laki. Padahal, perempuan pun memiliki sifat-sifat yang menunjukkan bakat sukses mereka.

Untuk naik ke posisi yang lebih tinggi, perempuan harus bisa menunjukkan prestasinya. Sementara laki-laki, lebih dinilai berdasarkan potensinya. Meski begitu, di era emansipasi seperti sekarang ini, cukup banyak industri dan perusahaan sudah membuka kesempatan yang lebar bagi karyawan perempuan untuk mengembangkan potensi karier mereka. Bahkan, banyak pula perempuan berhasil mencapai posisi puncak sebagai CEO, atau menjadi pengusaha.

Continue reading “Sifat-sifat yang Menunjukkan Perempuan Punya Bakat Sukses”

Keuntungan Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Ladies, bekerja tidak sesuai jurusan bukan sesuatu yang langka atau tak mungkin. Nyatanya, dari total dua juta angkatan kerja baru setiap tahun di Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan mendata ada sebanyak 63 persen yang bekerja tidak sesuai jurusan.

Jadi, buat kamu yang masih suka galau karena menjalani profesi yang melenceng dari background pendidikan, kamu tidak sendirian. Justru, mengambil pilihan karier ini memberi keuntungan buat kamu. 

Continue reading “Keuntungan Bekerja Tidak Sesuai Jurusan”

Sudahkah Kamu Mendapat Pekerjaan Idaman? Ukur dengan 4 Hal Ini

Kita sering mendengar teman atau orang di sekitar kita mengatakan hal ini. “Yang namanya kerja dengan orang lain, mana ada yang enak!” Atau ada juga yang bilang, “Biar kecil yang penting usaha sendiri, daripada kerja sama orang.” Ungkapan-ungkapan itu menyiratkan bahwa menjadi pengusaha itu pekerjaan idaman banyak orang, dan lebih enak ketimbang jadi karyawan.

Menjamurnya startup (perusahaan rintisan) saat ini seolah juga menjadi sebuah patokan sukses dan menyebabkan dorongan untuk menjadi pengusaha semakin besar. Tapi, benarkah menjadi pemilik startup merupakan pekerjaan idaman saat ini?

Continue reading “Sudahkah Kamu Mendapat Pekerjaan Idaman? Ukur dengan 4 Hal Ini”

3 Pertanda Kamu Harus Segera Mengambil Cuti

Seperti yang kita ketahui, tenaga kerja di Indonesia punya hak untuk mengambil cuti tahunan sebanyak 12 kali. Demikian yang disyaratkan oleh Undang-Undang Ketenagakerjaan. Meski begitu, perusahaan bisa saja memberikan cuti kepada karyawan hingga 20 hari dalam setahun, dan tetap menggajinya—tergantung pada kebijakan serta kesepakatan perusahaan dengan si karyawan.

Semakin banyak hak cuti, (idealnya) karyawan semakin happy karena semakin banyak kesempatan bagi mereka untuk beristirahat dari pekerjaan. Terserah mereka akan menghabiskan cutinya untuk traveling, atau sekadar beristirahat di rumah dan menghabiskan quality time bersama keluarga. Sayangnya, tidak sedikit orang yang terlalu fokus bekerja, hingga lupa memanfaatkan benefit yang berharga ini. Karena tidak terpakai, akhirnya sisa cuti pun hangus percuma. Keadaan ini mungkin saja terjadi pada kamu.

Continue reading “3 Pertanda Kamu Harus Segera Mengambil Cuti”

The Speed of Trust: The One Thing That Changes Everything

Ada satu hal krusial yang menentukan sukses atau tidaknya suatu hubungan; baik hubungan pribadi, profesional, maupun organisasi. Satu hal itu adalah kepercayaan (trust). Itulah inti yang disampaikan dalam buku The Speed of Trust: The One Thing That Changes Everything, karya Stephen M. R. Covey.

Dalam bukunya, Covey menyampaikan contoh sederhana, tapi penting, tentang perbedaan antara ada dan tiadanya kepercayaan dalam komunikasi. Dalam hubungan yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi, kamu bisa saja salah menyampaikan sesuatu kepada orang lain, tapi mereka mengerti apa yang kamu maksud. Sebaliknya, dalam hubungan dengan tingkat kepercayaan rendah, kamu bisa saja menyampaikan sesuatu dengan jelas dan tepat, tetapi orang lain salah mengartikannya.

Continue reading “The Speed of Trust: The One Thing That Changes Everything”